PRINSIP SAMURAI DI DALAM DUNIA INVESTASI DAN TRADING SAHAM

Oleh : Danar Listiawan

...
See More
Musashi ini adalah seorang Ronin (samurai tak bertuan) paling legendaris di Jepang

Selama hidupnya Musashi, menjadi salah satu samurai tak terkalahkan

Menjelang akhir hidupnya, Musashi sempat menulis sebuah buku legendaris yg berjudul Go Rin No Sho (The Book of Five Rings)

Go Rin No Sho (The Book of Five Rings) ini adalah sebuah otobiografi yg ditulis oleh Musashi sendiri tentang kehidupan Musashi sejak Remaja hingga akhir hayatnya

Pada penghujung usianya, Miyamoto Musashi menulis buku tentang strategi perang dan filosofi pedang dan kehidupan yakni Go Rin No Sho, Buku Lima Cincin (The Book of Five Rings) yang terdiri dari lima volume yakni Buku Tanah, Air, Api, Angin, dan Udara. Saat ini Buku Lima Cincin tersebut tidak hanya dipelajari dalam strategi perang, teknik pedang, namun juga dalam dunia bisnis dan perdagangan.

Kelak, di jaman modern buku inilah yg menjadi salah satu dasar prinsip2 bushido seorang samurai Jepang dan juga cikal bakal etos kehidupan orang Jepang yg terkenal dg disiplin tinggi, loyalitas, kesetiaan, kesabaran, menjunjung tinggi kejujuran, kehormatan diri, kawan, saudara maupun lawan, serta kerja keras yg menjadi sikap hidup yg dimiliki oleh orang Jepang hingga saat ini.

Kalo dlm sejarah China dikenal memiliki Jenderal besar Sun Tzu yg terkenal dg bukunya The Art of War, Nah, di Jepang ada Miyamoto Musashi dg bukunya The Book of Five Rings

Hasilnya, baik China dan Jepang saat ini ber-transformasi menjadi negara maju, besar yg disegani oleh dunia.

Musashi mengatakan bahwa segala sesuatu di dunia, bahkan segala sesuatu di alam semesta, memiliki waktu, tempo, pola, ritme atau irama. Dia mengatakan hal ini terutama berlaku untuk HEIHO (strategi memenangkan pertempuran).

Bagaimana kita harus mendapatkan tempo, ritme, pola dan irama (HYOSHI) untuk menang. Kecepatan mengambil keputusan, tahu kapan timing terbaik untuk entry BUY dan kapan timing terbaik untuk SELL, tahu dimana batas stop loss dan targetnya serta tahu bagaimana psikogi trading dan money managementnya.

Artinya untuk menjadi seorang pemenang kita harus bersedia menjalani latihan yang terus-menerus tanpa henti setiap hari. Tujuannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan "feel" dan mengenal pola, ritme, dan waktu serangan dari setiap jenis pertempuran yg akan kita hadapi.

Jika kita analogikan dg dunia investasi dan trading saham Intinya untuk menjadi pemenang kita harus mau berlatih jurus-jurus andalan yang kita kuasai setiap hari tanpa henti

Teringat Inget film pendek Bruce Lee yg selalu diputar pada saat hari pertama Workshop Pelatihan Trading Saham ARA Hunter ?

What Bruce Lee said ??

Bruce Lee said : Dont Think.. Feel !!!

Sama dengan filosofi dari Miyamoto Musashi

Baik Bruce Lee maupun Miyamoto Musashi mengajarkan : Bagaimana kita bisa mendapatkan "feel" di setiap pertarungan (dalam hal ini kita analogikan dunia trading saham)

Dan ini tidak mudah..

Butuh disiplin dan latihan rutin tanpa henti setiap hari

So, my next question :
Are We Ready for becoming the next Miyamoto Musashi and Bruce Lee in the stock market ?? Investorsukses.com
Like - Comment - Share 1 0 0

Share On
Sponsored
Twitter instagram try our apps on playstore InvestorSukses_apps