*G.A.R.P. Investing Ala Peter Lynch*

Lynch meyakini cara berinvestasi jangka panjang, dan mengabaikan fluktuasi pasar jangka pendek. Baginya, penting untuk tetap menginvestasikan dana sepenuhnya daripada memegang uang tunai. Sebagai manajer investasi utama di Fidelity Magellan Fund, dia memusatkan investasi pada saham yang menjanjikan kesempatan keuntungan di atas rata-rata.

Ada beberapa kriteria penting yang dilihat oleh Lynch dalam pemilihan sahamnya, yaitu profitabilitas,harga saham, dan model bisnis yang baik. Selain ketiga kriteria tersebut antara lain, perusahaan yang dinilai olehnya memiliki prospek yang baik haruslah memiliki ciri-ciri berikut:
...
See More

- Memiliki prospek pertumbuhan dan keuntungan yang tinggi
- Memiliki rasio PER di bawah rata-rata industri, dan di bawah rata-rata historis perusahaan.
- Perusahaan memiliki dividen yang terus meningkat selama rentang 20 sampai 30 tahun.
- Rasio hutang perusahaan rendah.
- Selain kriteria-kriteria di atas, Peter Lynch pun dikenal dengan metode valuasinya yang dinamakan PEG: Price to Earning Growth Ratio.

PEG adalah rasio yang menentukan murah atau mahalnya sebuah harga saham baginya. Perhitungan rasio PEG, selain memperhatikan rasio laba bersih terhadap harga saham, juga memperhatikan pertumbuhan laba perusahaan tersebut tiap tahunnya. Menurut Lynch, semakin cepat perusahaan tumbuh, semakin tinggi rasio P/E yang harus Anda bayar untuk memiliki bagian sahamnya.

Rumus PEG sendiri didapat dari rasio PER dibagi dengan persentase pertumbuhan laba bersihnya. Saham yang dicari adalah yang memiliki rasio PEG kurang dari 1. Berikut cara rumus untuk menghitung rasio PEG:

PEG = PER : EPS Growth Percentage

Misalnya, sebuah saham memiliki rasio PER sebesar 5x, dan pertumbuhan laba bersihnya selama 5 tahun terakhir adalah 10%, maka perhitungan rasio PEG-nya adalah 5 : 10 = 0,5x. semakin kecil rasio PEG adalah semakin bagus, karena saham tersebut memiliki PER relatif rendah dibandingkan pertumbuhan laba bersihnya.

Cara berinvestasi dengan menggunakan rasio PEG yang diciptakan oleh Peter Lynch ini dinamakan sebagai G.A.R.P. Investing, atau kepanjangannya adalah Growth At Reasonable Price Investing.
Cek per fundamental di WWW.Investorsukses.com/pages/Education
Like - Comment - Share 0 0 0

Share On
Sponsored
Twitter instagram try our apps on playstore InvestorSukses_apps