• 590 people like this
  • Saham
  • Education Provided by Expert from Investor Sukses and all contributor Many thanks
Pinned Post

InvestorSukses
Stockpick trading ideas
http://investorsukses.com/pages/Stockpick
Welcome to Investor Sukses
INVESTORSUKSES.COM
Like - Comment - Share 0 0 0

Share On
  • Sudah terlalu banyak bukti bahwa kecerdasan intelektual saja tidak cukup membuat seorang investor saham menjadi lebih pakar. Di tahun 1998, Long Term Capital Management L.P., sebuah perusahaan hedge fund yang dikelola oleh sepasukan ahli matematika, ilmuwan komputer, dan dua ekonom pemegang hadiah nobel, dengan tertunduk kehilangan lebih dari 2 miliar dollar dalam hitungan minggu pada sebuah pertarungan besar bahwa pasar obligasi akan segera kembali normal.

    Namun, pasar obligasi terus-menerus menjadi semakin dan semakin abnormal dan LTCM telah berhutang begitu besar sehingga kejatuhannya hampir menjungkirbalikkan sistem keuangan global.

    Contoh nyata berikutnya, ketika musim semi tahun 1720, Sir Isaac Newton memiliki saham South Sea Company, saham yang paling hot di Inggris pada masa itu. Begitu melihat gejala pasar mulai tidak terkendali, sang ilmuan besar itu berkata bahwa ia "bisa menghitung gerakan benda-benda langit, tetapi ia tidak bisa mengalkulasi kegilaan orang". Newton memilih melepas saham South Sea-nya dan mendulang cuan 100%, yaitu sebesar 7.000 pound sterling.
    ...
    See More

    Namun hanya dalam beberapa bulan kemudian, sang mastro tersebut tergoda dan terhanyut oleh arus deras euforia pasar, Isaac Newton terjun kembali ke dalam pasar ketika harga sudah jauh lebih tinggi. Dan rugi 20.000 pound sterling. Sampai akhir hidupnya, ia melarang siapapun untuk menyebut kata "South Sea" di dekatnya (kedangkalan kecerdasan emosional tampak nyata di sini, sahammya yang disalahkan).

    Sir Isaac Newton adalah salah satu orang jenius yang pernah hidup di muka bumi, sebagaimana definisi kejeniusan menurut sebagian besar dari kita. Namun dalam pengertian Benjamin Graham, Newton sama sekali tidak mendekati cerdas, apalagi jenius sebagai investor. Dengan membiarkan hirukpikuk pasar menunggangi penilaiannya sendiri, ilmuan besar tersebut bertindak layaknya seorang spekulan saham dan sangat oportunitik.

    Singkatnya, jika sampai saat ini masih belum berhasil menjadi pemenang di pasar saham, itu bukan karena anda kurang cerdas. Seperti Sir Isaac Newton & LTCM, mereka gagal karena kenekatan berjudi dengan pasar dengan resiko yang lebih besar dari yang sanggup ditanggung, dan terlalu textbook dalam memahami dunia saham.

    Jika jatuh, bangkitlah. Jujur akui kekalahan, jangan menyerah dan jangan cari kambing hitam.

    Filsuf besar Confucius berkata : "Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall."

    #pembelajaran
    Sahampemenang
    Like - Comment - Share 1 2 1

    Share On
  • #Leading
    Like - Comment - Share 1 0 0

    Share On
  • Peter Lynch fundamental
    Dari 12 belas pernyataan pelaku pasar yang dimasukan Peter Lynch sebagai "The 12 Silliest (and Most Dangerous) Things People Say About Stock Prices", butir ke-12 merupakan pernyataan yang paling saya ingat.


    Apa butir terakhir dari "12 Pernyataan Konyol" itu? Yaitu jika ada yang berkata :"The Stock Price Gone Up, So I Must Be Right", atau "The Stock Price Gone Down, So I Must Be Wrong". Belahan pertama pernyataan itu, dengan mudah dilontarkan ketika terjadi Bull Market (makanya orang bijak sering berkata : Don't confuse your brain with bull market). Belahan kedua pernyataan itu, bisa jadi muncul di dalam pemikiran mereka saat terjadinya koreksi pasar, dimana harga saham turun berjamaah di pasar (Dan para ahli berebutan memberikan analisa tentang mengapa hal itu terjadi. Seringkali diikuti dengan ramalan dan prediksinya tentang apa yang kemudian bakal terjadi di masa depan. Mereka sering lupa apa yang pernah dikatakan JK Galbraith : The only function of economic forecasting is to make astrology look respectable).
    ...
    See More


    Peter akan sangat takjub, setiap ada yang berkata "Lihat, hanya dalam 2 bulan harga saham ini naik 20%, so I really picked a winner", atau "Celaka, harganya dalam 2 bulan sudah turun 20%, so I really picked a loser". Jika Anda sering berkata seperti ini, maka meminjam kata-kata Peter Lynch, "You're confusing prices with prospects. Unless you are a short-term traders who're looking for 20-percent gains, the short-term fanfare means ablsolutely nothing".


    Harga saham yang naik (atau turun) setelah kita membeli saham itu, hanya memberi kita informasi bahwa ada orang lain yang bersedia membeli saham itu dengan harga yang lebih tinggi dari yang kita bayar (sehingga harganya naik), atau hanya bersedia membelinya dengan harga yang lebih rendah dari yang kita bayar (sehingga harganya turun). Tidak lebih, tidak kurang. Dan harga itu untuk perusahaan yang sama (dan bisa jadi dengan harga yang sangat berlainan, tergantung ketika itu pasar dalam kondisi seperti apa).


    Memiliki keyakinan, "a) bahwa di dalam jangka panjang stock-investing merupakan instrumen investasi yang memberikan imbal-hasil yang terbaik, b) bahwa kita hanya akan melihat garis lurus ke atas dari kenaikan index dalam jangka panjang c) bahwa fluktuasi harga saham di bursa dalam jangka pendek harus dipandang sebagai hal yang normal, dan bukan merupakan hal luar biasa", merupakan hal yang lebih mudah untuk kita katakan daripada kita lakukan.


    Hal yang gampang untuk kita berkata :"Jika terjadi koreksi pasar, saya akan abaikan semua berita buruk, dan saya akan akumulasi dengan membeli saham-saham yang baik, yang diobral dengan murah di pasar ketika koreksi pasar terjadi". Percaya saya, ketika koreksi pasar terjadi (dan mungkin koreksi yang terjadi lebih buruk dibanding koreksi sebelumnya), dengan mudah niat mulia itu kemudian surut. Niat itu menjadi ciut ketika mata Anda melihat bagaimana derasnya penurunan itu terjadi. Semangat Anda untuk membeli saham justru akan dengan mudah tumbuh, pada saat di pasar Anda menyaksikan harga saham di bursa secara berjamaah naik menghijau, bukan sebaliknya memerah.


    Padahal, kembali mengutip Peter Lynch, "The key to making money in stocks is not to get scared out of them". Betapapun lengkapnya informasi yang kita miliki, serta pandai dan cakapnya kita melakukan perhitungan, semua itu tidak ada gunanya apabila kita tidak memiliki willpower. Tidak ubahnya saat kita berniat untuk melakukan diet, dalam stock-investing kita juga perlu memiliki "gut". Sering apa yang membuat kita berhasil dalam berinvestasi, tidak cukup dengan apa yang dapat kita cerna dengan kepala kita saja. Tanpa memiliki keyakinan itu, maka ketika kecemasan terjadi secara berjamaah di pasar, Anda lantas melakukan apa yang seharusnya tidak Anda lakukan : Menjual saham-saham perusahaan yang baik dengan harga yang sangat buruk. Dan bukan sebaliknya.

    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On

  • Sedikit share pemikiran aja

    11 PENYEBAB UTAMA KEGAGALAN INVESTASI SAHAM LONG TERM =

    ...
    See More
    1.Terjebak menjadi trader harian / swing trader, karena keuntungan "sesaat" akan gain yg menggiurkan.

    2.Tidak tahan melihat saham2 yg hijau di porto, sehingga tergoda untuk melakukan cut-profit.

    3.Terlalu aktif berganti-ganti saham di porto, sehingga mengalami gagal fokus.

    4.Mencari saham2 potensial yg scr historis sulit naik, akibatnya saham2 yg disimpan di porto juga tidak pernah naik signifikan.

    5.Memperlakukan saham emiten merugi sebagai investasi jangka panjang, dengan harapan emiten meraup laba & harga saham akan naik.

    6.Mempunyai persepsi bahwa saham2 yg harganya mahal adalah saham2 yg kurang layak disimpan, karena asumsi harganya akan lamban naik.

    7.Memburu saham2 berisiko tinggi atau saham2 populer atau saham2 penuh rumor atau saham2 gorengan & melupakan saham2 berisiko rendah.

    8.Memiliki jenis saham terlalu banyak, sehingga sulit dikontrol & di-manage.

    9.Tidak pernah meneliti aspek good corporate governance dari emiten saham yg dikoleksi. Jadi mengandalkan analisa fundamental semata.

    10.Pengendalian yg buruk aspek psikologis-emosional dlm memburu saham2 di porto.

    11.Implementasi yg amat buruk dlm money management & pengaturan prosentase tiap saham2 di porto.

    Opinion
    Bima .s
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • https://www.bbc.com/indonesia/majalah-38205243
    Chris Gardner: Kisah seorang gelandangan menjadi miliuner
    Ketika Chris Gardner dan putranya tidur di lantai kasar sebuah toilet umum, ia tidak pernah bermimpi bahwa kisah hidupnya akan berubah menjadi film terkenal Hollywood.
    WWW.BBC.COM
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On

  • InvestorSukses
    Stockpick trading ideas
    http://investorsukses.com/pages/Stockpick
    Welcome to Investor Sukses
    INVESTORSUKSES.COM
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • EMOSI saat Trading saham !!!


    “kok saya loss terus yaa… ??” tanya seorang trader.

    ...
    See More
    “apa yang salah dari cara tradingku?”

    Sebagai trader apa pertanyaan serupa pernah anda lontarkan?

    Diluar kehebatan anda dalam menganalisa pasar ataupun pandai membaca grafik-grafik, sebenarnya ada satu yang harus anda kuasai, yaitu emosi.

    Seorang trader yang sudah berpengalaman tahu bagaimana menempatkan emosinya disaat ia sedang trading. Karena dalam psychology trading, trader pro sudah mengerti seberapa besar impact yang dapat terjadi jika emosi terlibat disaat sedang trading.

    Untuk itu, pengembangan karakter sangat perlu bagi seorang trader untuk dapat mengatasi emosi dalam mencapai profit. Simple. Tapi inilah tantangannya.

    Ada dua sifat yang dibutuhkan dalam pengembangan psikologi trader yaitu: patience (kesabaran) & discipline (disiplin).

    Mengapa? karena kedua sifat tersebut dapat mengatasi emosi dari segala aspek tak terduga saat trading.

    MANAJEMEN EMOSI
    Kemungkinan terbesar emosi akan sulit dikendalikan terutama saat trader mengalami loss. Karena emosi tidak stabil, timbulah perasaan tak sabar dan merasa kalah. Dan segera anda membuka posisi yang baru untuk mengembalikan uang yang hilang.

    Saat dalam keadaan loss, kebanyakan trader pemula atau bahkan trader yang sudah lama pun cenderung lupa akan strategi yang harusnya mereka gunakan. Inilah yang membahayakan jika anda kurang dalam memahami psychology trading.

    Karena kurang disiplin, anda melakukan “eksperimen dadakan”. Akibatnya, kebanyakan trader malah mengalami kerugian yang lebih besar. “maksudnya mau nutup kerugian, malah tambah rugi besar.”

    Kuncinya: Jangan hilangkan emosi tetapi coba anda kendalikan emosi itu.

    Jika perlu, matikan monitor anda selama 5 menit dan berjalanlah keluar sambil menarik napas panjang, minum air bahkan lakukan push-up asal itu bisa membantu anda untuk membersihkan energi negatif dan kembali fokus.

    Pada akhirnya, menepis emosi hanyalah suatu hal yang sulit dilakukan. Dalam keadaan ini solusinya adalah mengembangkan karakter anda.

    Karena sejatinya emosi tetap menjadi bagian dari diri kita, dan itulah menariknya sebuah psychology trading membuktikan trading memiliki nyawa (emosi).

    Melalui pembentukan karakter, anda dapat mengendalikan emosi diri dalam mengambil setiap keputusan open position, membatasi stop loss/taking profit dengan akurat. Dengan itu anda akan lebih bisa mengambil keputusan berdasarkan logika bukan berdasarkan emosi.

    “Ketika trading ambilah keputusan berlandaskan logika bukan emosi sesaat.”

    Alert: Kesabaran memungkinkan anda untuk berhati-hati dalam menunggu, ketika anda loss, dengan emosi anda akan mengambil keputusan buru-buru untuk open posisi.

    Dan dengan memiliki sikap disiplin membuat anda bertrading sesuai strategi yang anda gunakan, bukan strategi yang berbasis emosi karena ingin segera membalikan keadaan rugi yang dialami.

    Displin bisa mempertegas money manegement anda. Misal, setiap kali transaksi pakai 3% – 5% dari modal anda. Entah hari itu anda profit atau loss tapi tetap harus disiplin.

    Terkadang bagi sebagian trader, loss yang dialami harus benar-benar terasa agar kapok, dan seketika sadar akan psikologi trading yang penting, yaitu: patience & discipline.

    Tanamkanlah kedua sikap ini, agar anda dapat dengan jernih mengambil sebuah keputusan. Karena sebuah keputusan kecil dapat berdampak besar bagi trading anda.

    Seberapa besar peran emosi anda dalam menentukan suatu keputusan? Apakah kesabaran & disiplin sudah anda terapkan dengan benar?

    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • http://investorsukses.com/pages/News
    Untuk yang membutuhkan update analisis dari sekuritas or data news update bisa baca di link ini.
    Welcome to Investor Sukses
    INVESTORSUKSES.COM
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On

  • *LAW OF ATTRACTION*


    Ingatkah Anda akan hukum kekekalan energi?
    ...
    See More
    Ya, energi tidak dapat dihilangkan, dan hanya dapat dipindahkan atau berubah bentuk.

    Hukum yang sama dapat kita pakai dibanyak bidang. Sosial, kehidupan, juga di dunia bisnis.

    Begini contohnya:

    Apakah Anda pernah dengar nama *Bernie Eccelestone?*
    Beliau adalah pendiri dari *Formula One (F1) Group,* sekaligus merangkap sebagai CEO selama 40 tahun.

    Suatu hari, Bernie berjalan keluar dari kantornya di Knightsbridge.
    Saat melewati tempat yang agak sepi, beberapa orang menghadang. Mengepung Bernie.
    Dia dirampok!
    Dipukul habis-habisan sampai babak belur.
    Mata sebelah kanannya bengkak menghitam.

    Itu tidak seberapa, semua barang berharga yang dibawanya lenyap dibawa perampok.
    Termasuk jam tangan mewahnya yang berharga 4 milliar rupiah: *Hublot.*

    Jika Anda sebagai Bernie, apa yang akan Anda lakukan?
    Marah2 kepada polisi?
    Atau ngomel2 memindahkan energi negatif karena kerampokan kepada anak istri?

    Tapi Bernie tidak begitu.

    Dia tidak akan jadi pengusaha sukses jika perilakunya sama seperti orang kebanyakan.

    Yang Bernie lakukan cukup sederhana sekaligus aneh.

    Dia meminta orang untuk memfoto wajahnya yang babak belur.
    Mencetaknya, dan mengirimkannya kepada CEO Hublot, Jean Claude Biver.

    Tidak lupa, dia menuliskan sebuah pesan:
    _“See what people will do for a Hublot”._
    (Lihat apa yang akan orang lakukan untuk memiliki Hublot!)

    Ini komplain yang sederhana dari Bos F1. Tapi tajam!

    Orang kebanyakan, jika mendapatkan komplain negatif akan panik.
    Mati-matian mencegah agar kisah buruk tidak sampai tersebar.
    Tapi CEO Hublot berbeda.
    Dia malah meminta ijin kepada Bernie untuk membuat iklan dengan memasang fotonya yang babak belur.
    Sekaligus meminta agar Hublot menjadi jam resmi dari Formula 1.

    Apa jadinya?

    Setelah iklan itu diluncurkan, hasil penjualan jam tangan Hublot meroket!

    Asik ya?!
    Bernie dirampok, malah dapat duit dari model iklan dan share penjualan jam.
    Sementara CEO Hublot yang mendapat komplain dari Bos F1-, malah berhasil mengubahnya menjadi iklan yang membawa untung besar.
    Kedua belah pihak meraih keuntungan miliaran dollar..!

    Inilah seni MENGUBAH energi negatif menjadi positif.
    Kuncinya adalah pada RESPON anda.

    Catat baik-baik: *Respon positif akan mengubah energi negatif menjadi positif !*

    Sedangkan energi negatif yang direspon, dipelihara dan dikeluarkan dengan cara yg negatif juga, akan menghasilkan negatif kuadrat yg hasilnya sudah jelas. Menghancurkan.

    *** Happy positive
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • Goodstock
    Like - Comment - Share 1 0 0

    Share On
  • *G.A.R.P. Investing Ala Peter Lynch*

    Lynch meyakini cara berinvestasi jangka panjang, dan mengabaikan fluktuasi pasar jangka pendek. Baginya, penting untuk tetap menginvestasikan dana sepenuhnya daripada memegang uang tunai. Sebagai manajer investasi utama di Fidelity Magellan Fund, dia memusatkan investasi pada saham yang menjanjikan kesempatan keuntungan di atas rata-rata.

    Ada beberapa kriteria penting yang dilihat oleh Lynch dalam pemilihan sahamnya, yaitu profitabilitas,harga saham, dan model bisnis yang baik. Selain ketiga kriteria tersebut antara lain, perusahaan yang dinilai olehnya memiliki prospek yang baik haruslah memiliki ciri-ciri berikut:
    ...
    See More

    - Memiliki prospek pertumbuhan dan keuntungan yang tinggi
    - Memiliki rasio PER di bawah rata-rata industri, dan di bawah rata-rata historis perusahaan.
    - Perusahaan memiliki dividen yang terus meningkat selama rentang 20 sampai 30 tahun.
    - Rasio hutang perusahaan rendah.
    - Selain kriteria-kriteria di atas, Peter Lynch pun dikenal dengan metode valuasinya yang dinamakan PEG: Price to Earning Growth Ratio.

    PEG adalah rasio yang menentukan murah atau mahalnya sebuah harga saham baginya. Perhitungan rasio PEG, selain memperhatikan rasio laba bersih terhadap harga saham, juga memperhatikan pertumbuhan laba perusahaan tersebut tiap tahunnya. Menurut Lynch, semakin cepat perusahaan tumbuh, semakin tinggi rasio P/E yang harus Anda bayar untuk memiliki bagian sahamnya.

    Rumus PEG sendiri didapat dari rasio PER dibagi dengan persentase pertumbuhan laba bersihnya. Saham yang dicari adalah yang memiliki rasio PEG kurang dari 1. Berikut cara rumus untuk menghitung rasio PEG:

    PEG = PER : EPS Growth Percentage

    Misalnya, sebuah saham memiliki rasio PER sebesar 5x, dan pertumbuhan laba bersihnya selama 5 tahun terakhir adalah 10%, maka perhitungan rasio PEG-nya adalah 5 : 10 = 0,5x. semakin kecil rasio PEG adalah semakin bagus, karena saham tersebut memiliki PER relatif rendah dibandingkan pertumbuhan laba bersihnya.

    Cara berinvestasi dengan menggunakan rasio PEG yang diciptakan oleh Peter Lynch ini dinamakan sebagai G.A.R.P. Investing, atau kepanjangannya adalah Growth At Reasonable Price Investing.
    Cek per fundamental di WWW.Investorsukses.com/pages/Education
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • Tanggal 16 September 1992 - yang kemudian dikenal sebagai "Black Wednesday" - merupakan hari dimana pemerintah Inggris mengabaikan Tingkat Mekanisme Bursa Eropa (ERM) dan Pound terdevaluasi hingga 20 persen. Namun di sisi lain, George Soros justru menghasilkan lebih dari USD1.2 miliar dalam trading short sterling-nya sehingga ia dijuluki "The Man Who Broke Bank of England" (Pria Penghancur Bank Sentral Inggris).

    Sebelum kontroversi seputar keuntungan luar biasanya saat terjadi Black Wednesday, George Soros sudah menghimpun kesuksesan yang tak bisa dianggap remeh. Perusahaan Hedge Fund milik Soros telah membukukan return rata-rata sekitar 20 persen per tahun sejak tahun 1969. Ini adalah hasil yang luar biasa, dan salah satu yang terbaik yang pernah dicapai. Bertahun-tahun ia secara pribadi menjalankannya dan berhasil membukukan return yang menakjubkan.

    Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja aturan trading yang mendukung kesuksesan sang tokoh. Dari kutipan-kutipan yang telah dikumpulkan di bawah ini, kita bisa belajar mendulang keberhasilan dari prinsip-prinsip George Soros.
    ...
    See More

    Mulai dari pelajaran tentang manajemen risiko hingga psikologi trading, inilah 10 kutipan bijak George Soros tentang trading yang mungkin bisa menginspirasi kita untuk mengikuti jejak suksesnya:


    Aturan George Soros Tentang Manajemen Risiko

    1. "Saya hanya kaya karena saya tahu ketika saya salah. Pada dasarnya, saya bisa bertahan dalam pasar dengan mengenali kesalahan saya."

    2. "Pendekatan saya dapat berhasil bukan dengan membuat prediksi yang valid, tetapi dengan bersedia untuk memperbaiki yang salah."

    3. "Semakin buruk sebuah situasi terjadi, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya, dan semakin besar potensi untuk membuatnya menjadi sangat baik"


    Tips George Soros Tentang Psikologi Trading

    Menyambung 3 kutipan di atas, berikut ini 3 statement lain George Soros, kali ini berkaitan dengan psikologi trading:

    4. "Yang penting adalah bukan apakah Anda benar atau salah, tapi berapa banyak uang yang Anda buat ketika Anda benar dan berapa banyak Anda loss ketika Anda salah."

    5. "Pasar selalu berada di sisi keserakahan (greed) atau ketakutan (fear). Dari dua hal itu keserakahan masih lebih baik daripada ketakutan, selama keserakahan itu tidak di luar kendali."

    6. "Kita menyadari bahwa tak sempurna merupakan kondisi manusia. Maka kita tidak perlu malu jika kita salah, malulah jika kita gagal untuk memperbaiki kesalahan kita."


    Pendapat George Soros Tentang Investasi, Trend, Dan Pasar

    Melanjutkan 6 kutipan yang telah dibagikan di atas, 4 pendapat George Soros di bawah ini lebih menyoroti dunia investasi, cara membaca trend, dan pasar finansial secara keseluruhan.

    7. "Jika investasi terasa menghibur dan Anda bersenang-senang karenanya, Anda mungkin tidak akan menghasilkan uang. Investasi yang baik adalah yang membosankan."

    8. "Pasar terus-menerus dalam keadaan ketidakpastian dan fluktuatif. Dan uang dihasilkan dengan memperhitungkan yang terlihat dan bertaruh pada yang tak terduga."

    9. "Kita mencoba untuk menangkap trend baru lebih awal dan pada tahap berikutnya kita mencoba untuk menangkap pembalikan trend. Oleh karena itu, kita cenderung untuk menstabilkan daripada mengacaukan market. Kita tidak melakukan hal ini sebagai layanan publik. Ini adalah gaya kita dalam menghasilkan uang. "

    10. "Pasar finansial pada umumnya tidak bisa ditebak. Sehingga orang harus memiliki skenario yang berbeda-beda. Gagasan bahwa Anda benar-benar bisa memprediksi apa yang akan terjadi, bertentangan dengan cara saya melihat market. "
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • http://www.rikopedia.com/2018/07/ebook-tentang-investasi-dan-trading.html
    Ebook tentang investasi dan trading saham
    Maju perang tanpa mengetahui apa-apa tentang kekuatan pasukan sendiri dan pasukan lawan, hasilnya sudah pasti kalah (Sun tzu). Trading ataupun investasi tanpa mempunyai pengetahuan tentangnya namanya berjudi. Untuk berhasil di bursa saham anda harus meningkatkan ilmu dan pengetahuan trading / investasi saham. Saya merekomendasikan kepada anda untuk membaca ebook dibawah ini.
    WWW.RIKOPEDIA.COM
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • Bagian tersulit menjadi seorg trader bukanlah saat cut loss, melainkan saat anda menjadi trauma akan kehilangan modal lebih dr 50%, krn saat itu jika anda ingin mengembalikan loss, mk anda hrs profit 100%. Hal ini sangatlah sulit jika keadaan makin buruk dan sisa modal menjadi 25%. Itu artinya anda harus profit 400% jika ingin modal kembali utuh.

    Hal inilah yg malah sring x membunuh trader. Alih2 ingin cepat pulih dr loss menggunakan margin 2-4x lipat. Ga heran akhirnya malah habis smua dan utang ke bank2, kartu kredit, kta, dsb.

    My Advice :
    ...
    See More

    "Take care ur capital becarefully. Dont let it down till more than 25%. Take holiday when u feel so stress n hopeless. Dont force trading till ur capital zero."

    Close ur eyes n think that life is not about all money. U still have family n everyone who love n care about u.

    Dont give up from life, work more harder, learn n study more harder.

    The most important things is u have to know that life is more than important than everything, give thanks for every breath that given from GOD.

    Pray to GOD n never give up, one day u will see the way bcos GOD can open the way when there's seems no way out.
    Amin skyhigh
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • cara menggunakan chart robot di hp
    klik icon robot di atas layar. dan pilih nama saham, ticker waktu chart harian, jam an, 15 menit atau mingguan.. lalu klik chart untuk proses
    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • *DAFTAR BANK YANG SUDAH LISTING DI BEI BERDASARKAN KATEGORI BUKU BANK*




    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • *KETERANGAN*
    1. *BUKU* adalah singkatan dari Bank Umum Kegiatan Usaha. BUKU ini merupakan tingkat kelompok dari perusahaan perbankan berdasarkan jumlah modal intinya.

    2. Cakupan produk dan aktivitas yang dapat dilakukan oleh masing-masing kategori BUKU :

    ...
    See More
    • *BUKU 1 :* Bank BUKU 1 hanya dapat melakukan kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana yang merupakan produk atau aktivitas dasar dalam Rupiah. Kegiatan pembiayaan perdagangan, kegiatan sistem pembayaran, dan e-banking yang diperbolehkan pun masih sangat terbatas. Bank ini juga memiliki kegiatan transaksi valuta asing paling kecil sebagai pedagang valuta asing. Target penyaluran kredit atau pembiayaan produktif kepada UMKM : Bank BUKU 1 paling rendah 55% dari total kredit atau pembiayaan.

    • *BUKU 2 :* Bank BUKU 2 bisa melakukan seluruh kegiatan produk atau aktivitas Bank BUKU 1 secara lebih luas. Selain itu, bank BUKU 2 juga sudah dapat melakukan kegiatan treasury yang terbatas, mencakup spot dan derivatif. Bank kategori ini juga sudah dapat melakukan penyertaan 15% pada lembaga keuangan dalam negeri. Target penyaluran kredit atau pembiayaan produktif kepada UMKM : Bank BUKU 2 paling rendah 60% dari total kredit atau pembiayaan.

    • *BUKU 3 :* Bank BUKU 3 bisa melakukan seluruh kegiatan produk atau aktivitas Bank BUKU 2 secara lebih luas. Selain itu, bank BUKU 3 juga sudah dapat melakukan penyertaan 25% pada lembaga keuangan di dalam dan luar negeri terbatas di kawasan Asia. Target penyaluran kredit atau pembiayaan produktif kepada UMKM : Bank BUKU 3 paling rendah 65% dari total kredit atau pembiayaan.

    • *BUKU 4 :* Bank BUKU 4 bisa melakukan seluruh kegiatan produk atau aktivitas Bank BUKU 3. Selain itu, bank BUKU 4 juga dapat melakukan penyertaan sebesar 35% pada lembaga keuangan di dalam dan luar negeri dengan cakupan wilayah international worldwide. Target penyaluran kredit atau pembiayaan produktif kepada UMKM : Bank BUKU 4 paling rendah 70% dari total kredit atau pembiayaan.


    ********************************************************************


    *(LS/OCBC - Source : OJK, Kinerja Bank - Disclaimer On)*
    Get your free chart robot indikator on Investorsukses at playstore android

    http://bit.ly/InvestorSukses_apps


    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • Bagaimana menjadi trader selalu untung!!!!

    Pertarungan Kebenaran Antar Trader Sukses

    Ketika Anda telah membaca banyak buku tentang trading,Anda akan menemukan banyak pertentangan antara apa yang berhasil dan apa yang tidak di pasar saham/forex/futures/komoditas dari masing-masing kacamata penulis.
    ...
    See More

    Setiap trader akan mengklaim jika pendekatan yang dia gunakan entah itu trading strategy,money management maupun psikologi trading efektif untuk menghasilkan uang dari market.

    Trading itu unik.Saking uniknya seorang trader sukses mampu menghasilkan banyak uang dari market dengan cara yang sama sekali berbeda dari trader sukses lainnya yang juga mampu menghasilkan banyak uang dari market!

    Anda mungkin pernah mendengar penyataan-pernyataan seperti ini:

    Trader sukses 1 : Hanya beli saham yang fundamental perusahaannya bagus dan harganya sedang terdiskon dan Anda akan menghasilkan uang dari pasar saham.

    Trader sukses 2 : Saya murni menggunakan Teknikal Analisis dan saya bisa trading di pasar mana saja dan menghasilkan profit.

    Trader sukses 3 : Saya membeli saham yang fundamentalnya bagus dan hanya akan membelinya ketika secara teknikal harga sahamnya sudah naik,tidak ketika harganya sedang jatuh.

    Trader sukses 4 : Trading Forex lebih menguntungkan dengan modal kecil

    Trader sukses 5 : Jangan.Trading Futures saja leverage-nya sangat besar.

    Trader sukses 6 : Tidak..Tidak..Trading Options saja.Anda akan mampu menghasilkan uang ke manapun arah pasar,baik itu naik turun maupun sideways.Strateginya juga banyak!

    Trader sukses 7 : Gunakan strategi Trend Following,tidak perlu fokus dengan fluktuasi harian.

    Trader sukses 8 : Swing Trading lebih efektif,karena kita mampu menghasilkan profit dari ayunan harga tanpa harus menunggu terlalu lama untuk menunggu trend berakhir.

    Trader sukses 9 : Day Trading saja! Mereka yang mengatakan day trading tidak efektif karena mereka tidak tahu caranya bagaimana sukses menjadi day trader.

    Trader sukses 10 : Indikator terbaik saya cuma Price Action.Saya suka melihat chart layar monitor yang “bersih”.

    Trader sukses 11 : Saya memilih untuk menggunakan 5 indikator agar tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

    Trader sukses 12 : Saya hanya menggunakan Moving Average sebagai sinyal jual dan beli.Dan saya bisa profit.

    Trader sukses 13 : Saya cukup menggunakan area support dan resisten untuk menentukan jual dan beli saham.

    Trader sukses 14 : Yang paling penting itu strategi trading dengan Winrate >80%

    Trader sukses 15 : Tidak,yang paling penting itu Money Management.

    Trader sukses 16 : Tanpa psikologi trading yang benar ,strategi trading terbaik dikombinasikan dengan money management terbaik sekalipun tidak akan mampu menghasilkan uang dari market dalam jangka panjang.

    Dan Anda bisa menambahkan sendiri pernyataan bertentangan yang keluar dari mulut trader-trader sukses lainnya.Lantas apa pelajaran yang bisa kita ambil dari banyak-nya perbedaan opini tersebut?

    Pelajarannya adalah:

    Strategi apapun akan mampu menghasilkan uang dari market!
    Temukanlah strategi trading yang cocok dengan kepribadian Anda.
    Jalankan strategi trading Anda tersebut dengan konsisten (tidak melulu gonta-ganti strategi).

    Tidak perlu berdebat dengan trader lain mengenai apa yang paling benar di market.Karena kebenaran itu sangat relatif.
    Ini bukan tentang strategi trading,tetapi ini tentang Anda yang mampu membuat strategi trading tersebut bekerja. It is not the gun,but the man behind the gun!
    Pertanyaannya adalah

    – Apakah Anda sudah menemukan strategi trading yang cocok dengan kepribadian Anda dan pasar apa yang akan Anda tradingkan?

    – Apakah Anda sudah memiliki teknik money management yang baik yang akan melindungi Anda ketika terjadi drawdowns (periode kerugian beruntun) dan memaksimalkan profit Anda pada periode kemenangan?

    – Apakah Anda sudah memiliki mindset dan kebiasaan yang benar untuk dapat menjalankan strategi trading Anda (catatan:money management sudah termasuk di dalam strategi trading Anda) dengan konsisten dan disiplin apapun hasil trading Anda baik itu rugi maupun untung?

    Get your free chart robot indikator on Investorsukses at playstore android

    http://bit.ly/InvestorSukses_apps

    Like - Comment - Share 0 0 0

    Share On
  • *_REAKSI vs RESPONS_*

    CEO Google, Sundar Pichai mulai banyak dikenal orang setelah menjabat pimpinan tertinggi raksasa perusahaan Google. Pichai terlahir di Tamil Nadu, India pada tahun 1972. Pichai dikenal oleh karyawan Google sebagai seseorang yang selalu berhasil merealisasikan rencana menjadi kenyataan. Beberapa proyek dia yang sukses yakni browser Chrome dan Android

    Sundar Pichai memang dikenal sebagai orang yang ramah, cerdas, dan pekerja keras. Ada sebuah kisah inspiratif dari pidato oleh Sundar Pichai kepada anak buahnya–
    ...
    See More
    Ia berpidato tentang kecoa. Kisah inspiratif dibalik kecoa yang menjijikkan.

    Di sebuah restoran, seekor kecoa tiba-tiba terbang dari suatu tempat dan mendarat di seorang wanita.

    Dia mulai berteriak ketakutan.

    Dengan wajah yang panik dan suara gemetar, dia mulai melompat, dengan kedua tangannya berusaha keras untuk menyingkirkan kecoa tersebut.

    Reaksinya menular, karena semua orang di kelompoknya juga menjadi panik.

    Wanita itu akhirnya berhasil mendorong kecoa tersebut pergi tapi … kecoa itu mendarat di pundak wanita lain dalam kelompok.

    Sekarang, giliran wanita lain dalam kelompok itu untuk melanjutkan drama.

    Seorang pelayan wanita bergegas ke depan untuk menyelamatkan mereka.

    Dalam sesi saling lempar tersebut, kecoa berikutnya jatuh pada pelayan wanita.

    Pelayan wanita berdiri kokoh, menenangkan diri dan mengamati perilaku kecoa di kemejanya.

    Ketika dia cukup percaya diri, ia meraih kecoa itu dengan jari-jarinya dan melemparkan nya keluar dari restoran.

    Menyeruput kopi dan menonton hiburan itu, antena pikiran saya mengambil beberapa pemikiran dan mulai bertanya-tanya, apakah kecoa yang bertanggung jawab untuk perilaku heboh mereka?

    Jika demikian, maka mengapa pelayan wanita tidak terganggu?

    Dia menangani peristiwa tersebut dengan mendekati sempurna, tanpa kekacauan apapun.

    So, para hadirin.. CEO dari India ini kemudian bertanya:

    “Lalu apa yang bisa saya dapat dari kejadian tadi?”

    Ia melanjutkan pidatonya..

    “Dari tempat saya duduk, saya berpikir..

    Kenapa 2 wanita karir itu panik, sementara wanita pelayan itu bisa dengan tenang mengusir kecoa?

    Berarti jelas bukan karena kecoanya, tapi karena respon yang diberikan itulah yang menentukan. Ketidakmampuan kedua wanita karir dalam menghadapi kecoa itulah yang membuat suasana cafe jadi kacau.

    Kecoa memang menjijikkan.
    Tapi ia akan tetap seperti itu selamanya.
    Tak bisa kau ubah kecoa menjadi lucu dan menggemaskan.

    Begitupun juga dengan masalah.

    Macet di jalanan, atau istri yang cerewet, anak-anak yang bandel, teman yang berkhianat, bos yang sok kuasa, bawahan yang tidak penurut, target yang besar, deadline yang ketat, customer yang demanding, tetangga yang mengganggu, dsb.

    Sampai kapanpun semua itu tidak akan pernah menyenangkan.

    Tapi bukan itu yang membuat semuanya kacau. Ketidakmampuan kita untuk menghadapi yang membuatnya demikian.”

    Yang mengganggu wanita itu bukanlah kecoa, tetapi ketidakmampuan wanita itu untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh kecoa tersebut.

    Di situ saya menyadari bahwa, bukanlah teriakan atasan saya atau pasangan saya atau anak-anak saya yang mengganggu saya, tapi ketidakmampuan saya untuk menangani gangguan yang disebabkan oleh teriakan merekalah yang mengganggu.

    *Reaksi saya terhadap masalah itulah yang sebenarnya lebih menciptakan kekacauan dalam hidup saya, melebihi dari masalah itu sendiri.*

    Apa hikmah di balik kisah inspiratif dari pidato ini?

    Para wanita bereaksi, sedangkan pelayan merespon.

    Reaksi selalu naluriah sedangkan respon selalu dipikirkan baik-baik.

    Sebuah cara yang indah untuk menghadapi hidup.

    Orang yang BAHAGIA bukan karena semuanya berjalan dengan benar sesuai keinginan kita ...

    Dia BAHAGIA karena sikapnya dalam menanggapi segala sesuatu di kehidupannya dengan benar..!

    Itulah kira-kira hikmah yang dapat diambil dari sebuah kisah inspiratif dari pidato CEO Google, Sundar Pichai.

    *"Masalah adalah tetap sebuah masalah ..... RESPON kita lah yg akan menentukan bagaimana akhir dari sebuah masalah ...."*

    http://bit.ly/InvestorSukses_apps

    Berbagi yg gratis...
    Silahkan di download


    Kita percaya semua orang bisa sukses.
    Semua pasti bisa


    Like - Comment - Share 2 0 0

    Share On
  • Marketing sukses

    Yang benar, marketing perumahan itu gampang. Bagi siapapun, tanpa terkecuali. Sadarilah, gampang dan benar-benar menyenangkan malah. Jualan rumah itu ternyata urusan sepele bagi yang bersedia melatih diri. Cukup dengan “bim salabim”, maka jadilah anda, pemula sekalipun, SEORANG MARKETING perumahan ANDAL.

    Mau tahu alasannya mengapa marketing perumahan itu menyenangkan dan gampang? Bacalah fakta-fakta sebagai berikut:
    ...
    See More

    Yang butuh rumah banyak bangetBanyak orang suka beli karena menguntungkan.Dan lagi cara belinya gampang bisa dikredit di bankMarketing rumah itu keren karena berhubungan dengan kalangan mapanRata-rata marketing perumahan juga ketularan mapan karena penghasilannya besarBonus penjualan juga besar, di atas rata-rata marketing produk lain

    Nah, dari sekarang tetapkan asumsi, keyakinan, dan katakan pada diri sendiri: “GAMPANG dan AKU adalah MARKETING property yang BERHASIL menjual dengan cepat”. Inilah mantranya:

    Benerin mindset-mu tentang marketingBelajar cepat isi dan ketrampilan dasar sebagai penjual perumahanKuasai produk knowledge-nya.MAINKAN, sekarang juga.Cari mentor sakti (bila perlu).

    Gampagkan. Cuman mengubah 5 urusan kecil ini, maka jadilah ANDA MARKETING HEBAT


    Tim J
    Like - Comment - Share 1 0 0

    Share On
  • 6 Skill untuk Menjadi Sales Sukses 

     

    1. Jeli melihat prospek
    ...
    See More

    Menemukan prospek penjualan yang tepat ibarat menambang emas. Anda harus paham perbedaan antara batu kerikil biasa dengan bijih emas.

    Sebagai seorang sales, Anda harus belajar mengidentifikasi prospek. Hal ini telah menjadi keterampilan yang penting dimiliki dalam persaingan sales yang sangat kompetitif. Tentu saja Anda akan buang-buang waktu jika mengerahkan segala daya dan usaha kepada prospek yang tidak menghasilkan. Tidak semua prospek dapat dikonversi menjadi penjualan, sehingga Anda perlu mata yang jeli, waktu yang tepat, dan pemahaman mendalam untuk menemukannya. Ketika Anda terbiasa melakukan hal di atas, intuisi sales Anda akan makin tajam.

     

    2. Pandai membangun hubungan

    Komunikasi memang sangat penting dalam industri sales, namun itu bukan satu-satunya cara mengenalkan produk atau melakukaan presentasi penjualan. Hal yang lebih penting adalah membangun koneksi, di mana sangat dibutuhkan kemampuan membangun hubungan baik. Hubungan baik yang dimaksud bukan sekedar basa-basi yang banyak dilakukan sales. Terkesan tidak ada ketulusan dalam basa-basi tersebut, oleh karenanya Anda harus membangun koneksi dan hubungan yang tulus.

    Tunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli, mengerti permasalahan mereka, dan Anda hanya ingin membantu mereka memecahkan masalah dengan menawarkan solusi. Jika Anda melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari calon klien potensial dan kemungkinan melakukan penjualan.

     

    3. Bertanya dengan cerdas

    Ingat, pertanyaan yang cerdas menghasilkan jawaban yang baik—serta penjualan. Ini alasannya:

    Anda harus paham bahwa Anda bukan sekedar menjual produk. Dalam lingkup yang lebih luas, Anda juga memberikan layanan, menciptakan solusi, dan memecahkan masalah. Namun sebelum Anda bisa memberikan solusi, Anda harus mampu mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu. Satu-satunya cara untuk menemukan masalah adalah menanyakan hal yang tepat.

    Ibarat seorang dokter yang mendiagnosa pasien, Anda harus sitematis dan jitu. Para sales profesional terbaik mampu mengidentifikasi kebutuhan calon klien dan kadang, lewat pertanyaan-pertanyaan cerdas, mereka bahkan mampu membuat kebutuhan bagi calon pelanggan. Agar mampu bertanya secara cerdas, Anda harus mampu memilah-milah kata menjadi pertanyaan yang membantu, relevan, dan spesifik demi mendapat jawaban yang tepat. Saat sudah mendapat jawaban yang Anda butuhkan, Anda dapat menawarkan produk atau layanan Anda sebagai solusi untuk masalah mereka.

     
    4. Menjadi pendengar yang baik

    Mampu mendengarkan dengan baik adalah skill yang wajib diimiliki seorang sales. Faktanya, keahlian ini mampu menaikkan kinerja seorang sales. Namun sayang, mendengarkan dengan baik adalah keahlian yang paling sedikit berkembang di antara sales profesional. Menjadi pendengar yang baik dan membangun hubungan adalah keahlian yang saling melengkapi untuk mampu mengerti pemikiran dan opini calon klien potensial. Hal ini juga membantu Anda menunjukkan bahwa Anda memerhatikan dan peduli dengan permasalahan mereka.

    Ada kalanya klien potensial Anda memberikan informasi penting dalam percakapan, yang mungkin Anda lewatkan karena tidak memerhatikan. Jika ini terjadi, Anda akan kehilangan kesempatan penting untuk merespon secara sigap. Mendengarkan dengan baik paling membantu Anda saat  memilih klien untuk diprospek dan saat menanggapi penolakan.

     

    5. Tangguh menangani penolakan

    Sebagai sales, tentunya Anda paham akan ada banyak penolakan saat Anda berusaha menjual. Apa yang membedakan sales berpengalaman dengan yang pemula adalah kemampuan dalam menangani penolakan calon pelanggan.

    Menurut Daryl Spreiter dari Salesforce, penolakan adalah hal yang tidak dapat dihindari, namun jangan dilihat sebagai kesempatan yang selamanya tertutup. Kuncinya adalah mengerti mengapa calon klien menolak. Anda harus mencari tahu tentang hal ini jika Anda ingin sukses dalam menjual. Spreiter juga menyatakan bahwa penolakan muncul karena beberapa faktor yang berbeda, seperti kurangnya pengetahuan, masalah persepsi, dan lain-lain. Anda harus mampu mengembangkan metode sendiri dalam menghadapi penolakan dengan memerhatikan keluhan klien dan alasan-alasannya.

     

    6. Manajemen waktu yang solid

    Bicara tentang manajemen waktu memang kedengarannya mudah, padahal manajemen waktu membutuhkan pengendalian diri dan kadang susah untuk dilakukan. Manjemen waktu bukan hanya membuat rencana penjualan jauh-jauh hari atau menjadwalkan meeting dengan klien. Manajemen waktu membutuhkan fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan disiplin yang besar.

    Tidak jarang seorang sales terjebak di antara tugas-tugas di luar jadwal. Tantangan terbesar dalam manajemen waktu adalah menghadapi situasi di luar rencana. Ketika permasalahan mendesak muncul dan menuntut tindakan segera, Anda harus tahu bagaimana menghadapinya dengan waktu terbatas tanpa mengorbankan rencana yang telah Anda susun.

     

    Sales adalah sebuah profesi yang rumit. Di dalam industri yang menuntut untuk selalu bergerak, blusukan, dan mencurahkan energi setiap hari, Anda akan kehilangan kesempatan emas jika tidak memiliki kemampuan-kemampuan di atas. Jika Anda ingin jadi sales yang sukses, Anda harus mulai mengembangkan dan menerapkan kemampuan di atas secepatnya. Semoga sukses!

    Tim Johnny
    Investorsukses.com


    Like - Comment - Share 3 0 0

    Share On
  • Optimisme masa depan.

    Persaingan manusia dengan mesin semakin mendekati kenyataan. Di bandara Jakarta kalau anda menukarkan tiket Garuda, sekarang sudah dilayani dengan “mesin”. Banyak hotel di luarnegeri mengganti reseptionistnya dengan mesin2 kecil yang bisa memuntahkan kunci kamar, ketika anda masukkan booking code anda.

    Oxford University bahkan mengatakan 47 persen dari pekerjaan di USA akan di-otomasikan, pada 2025. Pabrik2 ditutup-pun digantikan dengan pabrik2 baru yang semuanya memakai robot dan hanya sedikit manusia. Teknologi telah begitu “meraja lela” didunia ini sekarang.
    ...
    See More

    Research di Artificial Intelligent sudah begitu majunya. Bahkan perusahaan konsultan keuangan “Betterment” memakai komputer untuk membantu menganalisa keuangan, melawan industri leader seperti Goldman Sach, Morgan Stanley, dan kini berkembang sangat pesatnya.

    Hotel terbesar dunia, “AirBnB” tidak punya hotel satupun. Perusahaan transportasi terbesar dunia, “Uber” tidak punya satu taxi pun. Dunia dikuasai oleh data dan teknologi. Saya di Jakarta lebih tahu jalan mana yang macet daripada supir taxi Bluebird Silver karena google maps saya bisa melihat mana yang merah mana yang hijau di petanya.

    Saya sangat optimis dunia kedepan akan berubah luar biasa, ini revolusi baru, di jaman kita. Tahun 1800 an, adanya batu bara membuat kereta api, steam boat menjadi bisnis hebat. Tahun 1900 an dunia digerakkan oleh industialisasi, mobil, pabrik, menggerakkan perekonomian dunia. Tahun 2000 an revolusi baru terjadi, bahan bakunya adalah “data”, penggeraknya komputer dan mesin.

    FANG: Facebook (koneksi sosial), Amazon (perdagangan), Netflix (entertainment, ini memakan 30 persen jalur data di Amerika!), Google (search engine) adalah kesuksesan besar dunia internet. Tetapi di masa depan akan ada revolusi model bisnis yang baru. Yang berbeda dengan model ini, perusahaan2 besar akan mulai memakai data.

    Tahun 1980 sd 2000 adalah tahun Inovasi bermula, teknologi menggeliat menciptakan nilai2 baru. Tahun 2000-2015 berhenti sejenak mencari model yang tepat, perubahan teknologi, perubahan mindset, dan model bisnis masih dimatangkan. Nah pada 2015-2040 adalah tahun dahsyat, tahun perubahan yang gila2an dalam bisnis kita. Revolusi “data” revolusi bisnis baru.

    Kita memasuki era kenyataan digital: Manusia, perusahaan, perubahan kekayaan masyarakat, model bisnis, akan naik dengan sangat hebat, karena kita telah mampu menggunakan teknologi sebagai sebuah penggerak ekonomi baru. Dan kita semua akan menjadi saksi “dunia baru kita”.

    Peng-kajian lebih dalam, menunjukkan sebenarnya pekerjaan yang hilang (job automation) hanya 12 persen, yang banyak adalah pemanfaatan teknologi yang bersamaan dengan manusia, job enhancement, dimana 75 % manusia akan lebih memanfaatkan teknologi dalam kerjanya. Bahkan akan ada 13% kerja baru yang dulu tidak ada akan diciptakan.

    Inilah dunia baru, Automasi pekerjaan rutin, penggunaan semua instrumen baru dalam hidup (seperti jam yang bisa mengetahui berapa banyak kita bergerak), kemudahan teknologi (seorang sopir dari Surabaya bisa menyetir di Jakarta karena ada GPS), mesin2 makin pintar (akan ada mobil tanpa sopir), dan dalam dunia ini semuanya akan berubah sama sekali.

    Dari Pesawat penerbangan murah, Drones, Gojek, Grab, sampai Traveloka, google-map, sampai Uber, AirBnB, Trip Advisor, Realreal (jual aparel bekas), dan seribu macam dunia baru, semuanya adalah perubahan drastis yang akan merubah cara hidup kita.

    Saya optimistik dunia ini akan jauh berbeda 15 tahun lagi dibanding sekarang. Dan yang terhebat dan menggairahkan adalah: Kita semua akan menjadi saksi akan perubahan besar ini. Kita berada di tengah2 perubahan hebat ini. Selamat menikmati revolusi “data”, revolusi dunia baru.

    Surabaya, Juni 2017.
    Like - Comment - Share 1 0 0

    Share On
  • Analisa pak WF
    William Foeng (14 06 17)
    Sebetulnya suatu kehormatan, sehingga saya bisa diminta untuk ulas FA (fundamental analysis)
    Karena saya yakin disini masih banyak suhu dan master yg tentunya lebih pengalaman dan senior
    daripada saya
    ...
    See More
    Perlu diketahui bahwa fundamental analysis adalah salah satu tolok ukur ya
    Ingat,
    Hanya salah satu tolok ukur
    Masih banyak tolok ukur lain nya
    seorang investor ulung
    Maka hanya akan invest di saham yg FA nya baik
    Namun belum kemahalan
    Bahkan ahli2 FA menganggap bahwa TA menyesatkan
    Fenomenal2 terbaru adalah beberapa minggu ini
    Terdapat emiten bearish/downtrend berat
    Namun bisa tiba2 terbang contoh
    1. Gzco
    2. Mcor
    3. Agro
    4. Antm
    5. Kras
    6. Fpni
    7. Dll
    Itu semua secara TA sangat tidak layak untuk di buy, namun terbang
    Kembali lagi, ujung2nya ahli FA menganggap TA sangat menyesatkan
    Sy tidak fanatik terhadap suatu analysis
    Namun banyak suhu (yaitu mr erwin republik investor)
    Memberi quote
    FA untuk what to buy
    TA untuk when to buy
    Oh iya
    FA ini erat sama yang namanya laporan keuangan ya
    Jadi beberapa emiten gorengan yg LK nya tidak akurat
    Dan LK nya tidak menunjuk kan kinerja perusahaan yg sesungguhnya
    Maka ideal nya tidak pantas untuk dilakukan analisis FA
    Atau ada beberapa emiten yg owner nya akan dipanggil KPK
    Misal GJTL meskipun bearish dan downtrend berat
    Masih bisa terbang toh
    Namun GJTL dengan kondisi ownernya mau dipanggil KPK maka capek2 analisis FA
    Emiten ini punya nilai minus
    Yaitu faktor reputasi
    Sehingga pastikan emiten yg anda akan analisis FA (olah) adalah emiten yg layak di olah ya
    Dan compare suatu emiten dengan emiten yang lain harus apple to apple
    Contoh agii tidak bisa di compare dengan pgas
    Agii adalah gas konsumable industri
    Pgas adalah gas energy
    Ujung2nya bahas suatu emiten FA nya
    Tidak puas kalau kita tidam tau
    Berapa fair value nya
    Fair value secara sector
    Dan fair value secara industry

    Dan sy yakin apakah anda bisa bedakan
    Apa itu sector dan apa itu industry
    Sy pun tau ini dari suhu mr danar
    Kalau tidak bisa bedakan sector dengan industry
    Lebih baik, lupakan FA
    Ahli2 fundamental
    Akan member cuan yg maksimal dan tidak akan mudah goyah ketika hold suatu emiten
    FA yg baik tidak menjamin emiten akan terbang ya
    Kenapa?
    Karena masih ada faktor2 lain
    Seperti corporate action
    Selain itu FA mencerminkan kondisi emiten saat ini ya
    Kalau terbang atau tidak terbang
    Tergantung dengan yg namanya prospek
    FA dan TA anda bisa hitung
    Tapi yang namanya prospek
    Hanya insider trading yg tau duluan
    Baik teman2 sebetulnya fundamental analysis
    Dapat teman2 lakukan googling saja
    Namun sy punya catatan kecil namun sangat bermanfaat
    Yang saya peroleh dari suhu mr michael wijaya
    Tolong di perhatikan baik2
    Like - Comment - Share 3 0 0

    Share On
  • Jim asklarry
    Pada dasarnya, sebelum kita memutuskan beli satu saham, setidaknya kita udah bisa menjawab hal-hal berikut. Biasanya, kalo udah beli dan belum bisa jawab, galaunya lebih parah kalo pas FL

    1. Emiten ini ngapain sih sebetulnya? Bisnisnya apa?
    2. Apa saja yang menarik dan/atau keunggulannya?
    ...
    See More
    3. Apa saja kendala, resiko, dan hal-hal yang perlu diwaspadai?
    4. Gimana kinerjanya selama beberapa tahun ke belakang?
    5. Gimana potensi kinerjanya selama beberapa tahun mendatang?
    6. Dari keterbukaan info yang ada, apakah manajemen termasuk yang menjalankan GCG? Pro minoritas? Apakah sering terkena kasus?
    7. Jika saya mau punya perusahaan ini, berapa harga yang pantas dan apa yang bisa saya harapkan?
    Like - Comment - Share 1 0 0

    Share On
  • *Tape Reading Saham* (Rahasia di Balik bid offer saham)

    Tape Reading Saham merupakan sebuah seni dalam membaca pergerakan saham yang terlihat dalam transaksi yang terjadi pada running trade maupun pada order book. Teknik tape reading ini sendiri sudah diperkenalkan sejak dahulu, dimana pada era Jesse Livermore yang dituangkan dalam bukunya “ *Reminiscences of a Stock Operator* ” , Humphrey B.Neil *Tape Reading and Market Tactics*seta Gerald M.Loeb *The Battle for Investment Survival* dijelaskan mengenai beberapa tips dalam membaca pergerakan saham menggunakan bid dan offer saham.

    Dalam menggunakan analisa Tape Reading ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
    ...
    See More

    Pertama yang harus dilakukan adalah mengenal volume harian suatu saham, jika suatu saham tersebut ditransaksikan diatas rata-rata volume hariannya maka ada kemungkinan saham tersebut siap-siap untuk terbang, dan juga kita perhatikan susunan bid dan offer saham tersebut. Saran penulis jangan terkecoh dengan posisi bid yang tebal karena bid tebal sendiri merupakan suatu jebakan. Ada beberapa sekuritas yang secara semu melakukan transaksi dengan memasang bid tebal agar tercipta suatu permintaan semu hal ini akan membuat orang awam akan mencoba untuk mengikuti teori Supply and Demand jika permintaan lebih besar dari penawaran akan membuat harga meningkat. Teori seperti inilah yang coba dirubah oleh para Bandar Saham. 

    Disini para Bandar Saham mencoba untuk menakut-nakuti para investor saham yang hendak antri di posisi bid dengan melakukan posisi dengan memasang bid tebal dengan tujuan agar para investor yang hendak antri untuk memakan offernya dengan harapan harganya akan naik. Dari sisi investor yang hendak melakukakan antrian mereka akan merasa ketakutan karena teori Supply and Demand tadi yang membuat para investor ketakutan harga saham tersebut akan naik jika tidak ikut membelinya.

    Jadi secara umum, analisa bid offer saham dalam tape reading adalah dengan memperhatikan sususan bid offernya. Apakah timpang atau tidak, *jika timpang dan bid lebih besar dari offer maka kemungkinan harga akan turun. Jika offer tebal dan bid tipis maka kemungkinan harga akan naik*.

    Berikutnya yang kita perhatikan adalah cara memakan bid dan offernya, *jika offer dimakan dengan lot besar dan jika offer dimakan dengan sekali hajar kemudian offer pindah ke bid dan bid ditebalin maka kemungkinan harga akan naik dan masih akan lanjut*.

    Hal ini berbeda jika *offer dimakan dengan lot kecil, kemudian pada saat offer mulai habis dan offernya diisi lagi maka hal ini merupakan suatu pertanda bahwa bandar sedang jualan dan harga akan segera turun*

    jika barang bandar sudah habis ini sering disebut dengan istilah *Netting*.

    Dan juga kita harus cermati siapa top buyer dan top seller dari saham tersebut dari top buyer dan top seller tersebut kita akan memperoleh informasi mengenai posisi harga rata-rata dari sekuritas tersbut yang bisa kita jadikan patokan untuk melakukan posisi dalam bertransaksi.

    Selain itu juga kita cermati Average Market Price dari suatu saham tersebut karena ada suatu teori dimana setiap investor Besar yang melakukan transaksi biasanya mengambil posisi saham tidak jauh dari harga average market price yang terjadi dipasar

    Like - Comment - Share 4 1 0

    Share On
More Stories